Pendidikan

5 Universitas Terbaik Dunia Tahun 2016

By

on

Menempuh bangku kuliah di universitas atau institut terbaik dunia merupakan salah satu impian terbesar pelajar di seluruh pelosok negeri. Bukan karena gengsi yang besar, namun universitas terbaik dunia menjamin hal-hal berikut:

• Tenaga pengajar yang berkualitas dan memiliki pengaruh yang besar diperkembangan ilmu pengetahuan dunia
• Memiliki kurikulum yang komprehensif dan lebih mengedepankan praktik dan pemahaman kontekstual
• Memiliki fasilitas-fasilitas canggih yang dapat mendukung penelitian

Terkadang, para pelajar bingung, universitas manakah yang paling baik di dunia?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami telah merangkum lima universitas terbaik dunia berdasarkan kajian dari QS ranks yang diterbitkan oleh topuniversities.com

Massachusetts Institute of Technology (MIT, Amerika Serikat)

MIT merupakan universitas terbaik di Amerika Serikat sekaligus dunia. Universitas yang berusia lebih dari 103 tahun ini memiliki visi dan misi mendidik dan membekali mahasiswanya dengan ilmu sains dan teknologi.

MIT memiliki daya tampung sebesar 12.000 mahasiswa dan memiliki staff pengajar professional sebanyak 2982 orang. Kelebihan utama dari MIT dibanding universitas lain adalah banyaknya riset dan publikasi ilmiah komprehensif, khususnya di bidang sains dan teknologi.

Stanford University (Amerika Serikat)

Stanford University merupakan salah satu universitas negeri di Amerika Serikat yang mengedepankan pendidikan untuk para pengajar, disamping gencarnya universitas ini mengembangkan riset teknologi dan sains.

Staff pengajar professional yang berjumlah lebih dari 4000 orang di universitas ini siap mengajar lebih dari 30,000 mahasiswa pada 65 departemen. Universitas ini menduduki peringkat kedua dalam urusan ilmu sains komputasi dan keteknikan.

Harvard University (Amerika Serikat)

Universitas almamater para pebisnis dunia, Bill Gates, Mark Zuckerberg bahkan boss Gojek, Nadiem Makarim ini merupakan universitas terbaik di amerika lainnya yang berhasil menduduki 5 besar almamater terbaik dunia.

Jika anda bercita-cita menjadi dokter terbaik, anda dapat mendaftar di Harvard Medical School yang merupakan sekolah kedokteran terbaik di dunia. Fokus utama dari system pendidikan di Harvard University adalah biosains dan kedokteran.

University of Cambridge (Inggris, United Kingdom)

Jika anda senang dengan gedung-gedung elegan khas Zaman Victoria, anda dapat mendaftarkan diri di Universitas Cambridge ini. Universitas tertua di dunia ini memiliki reputasi sebagai Universitas bidang sejarah terbaik dunia versi QS Ranks.

Sekitar 5000 lebih staff pendidik professional mengajar lebih dari 18,000 pelajar tiap harinya di Universitas ini. Universitas ini juga membuka peluang bagi pelajar internasional. Terbukti dengan jumlah mahasiswa luar negeri yang mencapai lebih dari 6000 mahasiswa.

California Institute of Technology (Caltech, Amerika Serikat)

Misi dari California Institute of Technology adalah untuk memperluas pengetahuan manusia dan masyarakat manfaat melalui penelitian yang terintegrasi dengan pendidikan.

Universitas ini diklaim sebagai universitas yang mencari temuan paling menantang, masalah mendasar dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dan mendidik mahasiswa berprestasi untuk menjadi insan kreatif yang berguna bagi masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *