Kecelakaan

Anak Mantan Menteri Penabrak Sejumlah Kendaraan Tidak Ditilang dan Belum Diperiksa Polisi

By

on

Liniwaktu.com – Hadi Prasetyo atau Andrew, anak mantan Menteri BUMN, Soegiharto, yang menabrak empat mobil dan dua sepeda motor, Kamis (21/4/2016), sampai sekarang ternyata belum diproses hukum lantaran polisi masih menunggu kondisi kondusif.

“Ini kan masih proses pendinginan karena penyebab laka (kecelakaan) ternyata masalah dia bertengkar dengan kakaknya. Kalau sudah kondusif, kami akan periksa dia,” kata Kasatlantas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Dody di Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Kemarin sore, Andrew yang mengendarai Toyota Alphard Vellfire B 121 HMS menabrak empat mobil serta dua sepeda motor di Jalan Ciniru I Nomor 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ia mengamuk karena sedang bertengkar dengan kakak tirinya, Stephen Conquar (26).

Segala kerusakan pun ditanggung oleh keluarga Andrew sehingga tidak ada korban kecelakaan yang melapor.

“Sejauh ini, keluarganya bertanggung jawab terhadap korban-korban. Sudah punya itikad baik, bahkan jemput bola. Korban-korbannya dihubungi ayahnya (Soegiharto) dan ditanya apa, berapa kerugiannya,” kata AKP Dody.

Terkait dengan pelanggaran lalu lintas, seperti dugaan bahwa Andrew belum memiliki SIM, pihak kepolisian berencana memanggilnya untuk dimintai keterangan.

“Proses hukum tetap berjalan. Dalam arti, kami akan memanggil yang terlibat untuk dimintai keterangan,” ujar AKP Dody.

Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Purwanta mengungkapkan, tidak ada hukuman tilang bagi Andrew, hanya mencatatnya dalam berita acara pemeriksaan (BAP).

“Bukan ditilang, di-BAP kalau pelanggarannya sesuai pasalnya, tunggu hasilnya ya,” kata Kompol Purwanta saat dihubungi wartawan, Jumat (22/4/2016).

Andrew yang belum genap 17 tahun seharusnya tidak diperbolehkan mengemudi karena belum cukup usia untuk memiliki SIM. Terkait dengan hal ini, pihak kepolisian tidak menyebutkan secara jelas apakah Andrew memiliki SIM.

“Nanti dicek lagi,” ujar Kompol Purwanta.

Berdasarkan UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dipidana dengan kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).

Kemudian, setiap pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM namun tak dapat menunjukkannya saat razia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 288 ayat 2).

Andrew diketahui kembali ke rumahnya usai kecelakaan. Pihak keluarga pun berjanji mengganti segala kerusakan yang disebabkan oleh ulah Andrew.

Peristiwa kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 17.00, ketika Andrew mengejar Stephen menggunakan mobil Alphard Vellfire. Saat itu, Stephen dan tunangannya sedang menuju Jalan Senopati menggunakan mobil Chevrolet Captiva F 1203 LY.

Belum sampai di sana, tiba-tiba mobil yang ditumpanginya itu diseruduk Andrew. Mereka pun sempat kejar-kejaran di jalan sempit dan ramai hingga menabrak tiga mobil lain, yaitu Nissan Serena B 1686 SUD, Toyota Kijang Innova B 16 LT, dan Toyota Alphard B 711 KHA.

Dua di antaranya ditumpangi artis Kartika Putri dan Detri Warmanto, anak dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Selain itu, seorang pengendara sepeda motor yang jenis dan nomor polisinya tidak diketahui juga menjadi korban. Pengendara motor itu terluka dan segera dilarikan ke rumah sakit untuk ditangani.

Baca selengkapnya di Remaja 17 Tahun Anak Eks Menteri BUMN Lakukan Tabrak Lari Setelah Cekcok Dengan Kakaknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *